Info Sekolah
Rabu, 01 Jul 9564
  • SMP Negeri 4 Curug | Sekolah Adiwiyata | Sekolah Penggerak
  • SMP Negeri 4 Curug | Sekolah Adiwiyata | Sekolah Penggerak
1 Oktober 2024

SMPN 4 Curug Bentuk PIK-R untuk Tangani Bullying dan Kekerasan

Sel, 1 Oktober 2024 Dibaca 407x Estikpacu

SMPN 4 Curug telah meluncurkan program Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) yang bertujuan memberikan edukasi kepada siswa dalam menghadapi isu-isu sosial, seperti perundungan (bullying) dan kekerasan verbal. Program ini resmi didirikan pada awal semester pertama tahun pelajaran 2024-2025 dan akan terus berjalan ke depannya.

Program PIK-R ini diprakarsai oleh Guru Bimbingan Konseling (BK) SMPN 4 Curug bekerja sama dengan siswa-siswi yang aktif dalam kelas, yang diharapkan dapat menjadi agen perubahan melalui edukasi kepada teman-teman sebaya. Sistem pemilihan anggota PIK-R dilakukan dengan menyeleksi beberapa siswa yang berperan sebagai edukator untuk menyampaikan informasi penting terkait masalah perundungan kepada seluruh siswa di sekolah.

Pembentukan PIK-R dilakukan sebagai respon terhadap meningkatnya kasus perundungan dan kekerasan verbal di sekolah. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah perundungan dan mengedukasi siswa mengenai dampak negatif tindakan tersebut. Program ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi seluruh siswa.

Ibu Nadha Alun Pratita, S.Pd, selaku pembina dan penanggung jawab PIK-R, menyatakan, “Besar harapan guru-guru di SMPN 4 Curug, terutama saya sendiri, agar tindak perundungan atau bullying dapat ditangani dengan baik dan tidak lagi terjadi di satuan pendidikan mana pun.”

Dalam operasionalnya, setiap kelas diwakili oleh seorang siswa yang telah dibekali dengan materi dan bimbingan mengenai cara menangani serta mencegah bullying. Para perwakilan ini bertugas memberikan informasi dan edukasi kepada teman-temannya. Jika terjadi tindakan kekerasan, mereka juga bertindak memberikan nasihat, edukasi, atau teguran kepada pelaku, dengan tetap mengutamakan pendekatan yang persuasif.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar